Djsandroe Corp || Freedom Inspiration: Kerja Freelance Online

Wednesday, July 21, 2010

Kerja Freelance Online

Anda ingin menjadi seorang freelancer online, dan ingin mencoba terlebih dahulu dan memahami karakteristik freelance market. Hal tersebut sering kali muncul dalam benak calon freelancer dan akan secara otomatis bertanya-tanya, dimana dan bagaimana para freelancer online mendapatkan sebuah projek dan bagaimanakah untuk memulai sebuah projek itu. Ada baiknya para calon freelancer bertanya kepada para senior-senior yang telah berkecimpung dalam
bidang ini atau langsung terjun. Bila anda memutuskan untuk langsung terjun kedalam dunia ini ada baiknya untuk mencoba beberapa situs-situs penyedia di bawah ini:

Scriptlance

Scriptlance Image
Scriptlance Image
Untuk memulai sebuah kegiatan freelance online ada baiknya kita mencoba situs outsource ini, karena banyak sekali project-project yang simple yang dapat kita ambil. Dari mulai perbaikan sebuah situs, penambahan feature-feature, perubahan layout dan juga pembangunan situs dari nol.
Situs freelance online ini beralamatkan di http://www.scriptlance.com

Kelebihan

Scriptlance memiliki kemudahan dalam melakukan registrasi dan ikut serta dalam sebuah project. Selain itu pemotongan biaya project relatif kecil dari $5 sampai dengan 5% dari harga project (tergantung lebih besar yang mana).
Selain itu pencairan uang pada scriplance dapat dilakukan dengan berbagain macam cara, dan besarnya pencairan tergantung dari masing-masing freelance. Pengalaman dari penulis pencairan dana melaui wire transfer memakan waktu 2 hari kerja. Berikut ini  type pencairan dana yang disupport oleh scriptlance.
  • Check – Regular Mail ($3 fee)
  • Check – FedEx Overnight ($38 fee)
  • Paypal (No fee)
  • E-Gold (No fee)
  • Moneybookers (No fee)
  • Payoneer Debit Card (No fee)
  • Bank Wire ($25 fee)
Pada scriptlance tidak ada minimal bid yang dilakukan, sehingga dapat melakukan bid semaksimal mungkin disesuaikan dengan kesulitan suatu project.

Kekurangan

Harga murah
Pada situs ini terlalu banyak pemilik project yang memberikan harga sangat murah, dikarenakan banyaknya saingan dari negara seperti india, nepal, bangladesh yang memberikan harga murah. Sehingga harga menjadi jatuh dipasaran.
Larangan Publish Info
Selain itu kita tidak dapat mempublish informasi pribadi (telepon, email, IM ataupun link yang mengarah ke informasi pribadi) di message bord ataupun di bid message. Bila kita melanggar larangan ini maka kita akan mendapatkan peringatan ataupun juga penghentian account.
Escrow
Escrow tidak diwajibkan pada situs ini, karena setiap buyer bebas menentukan apakah akan memasukan uang kedalam rekening escrow atau setelah project selesai dikerjakan. Karena hal tersebut maka banyak terjadi penipuan bagi provider-provide baru.

Rentacoder

RentACoder Image
RentACoder Image
Bagi para pemula rentacoder adalah salah satu pilihan bagus untuk dicoba, selain tidak perlu mengeluarkan biaya. Selain itu  situs ini sangat profesional dimana pemilik situs dan team bertanggungjawab penuh dengan situs yang dimilikinya.
Pencairan dana pada situs ini menggunakan:
  • Snail Mail Check
  • Western Union (wire/telegraph)
  • Payoneer Prepaid Mastercard®–economical and convenient recurring job option
  • Pay Pal
Situs ini beralamatkan pada : http://rentacoder.com

Kelebihan

Kenyamanan bertransaksi
Rentacoder sangat memberikan kenyamanan dan keamanan bertransaksi baik itu kepana provider(freelancer) ataupun kepada buyer. Setiap log percakapan akan selalu tersimpan di sistem dan report provider akan selalu ditanyakan setiap 1 minggu sekali.
Bila terdapat masalah terhadap project baik dari buyer ataupun provider dapat melakukan laporan kepada admin untuk membantu penyelesaian persoalan sampai tuntas berdasarkan log percakapan, report serta konfirmasi dari kedua belah pihak.
Escrow
Pada situs ini setiap buyer (pemilik project) wajib menaruh uang kepada sistem sebelum project dimulai sehingga setiap project dipastikan dibayar oleh para pemilik project.
Deadline Yang Sesuai
Deadline project akan dibuat sesuai dengan persetujuan buyer dan provider sehingga setiap project akan tepat waktu dan bila buyer tidak memberikan kabar selama waktu tertentu kita dapat melaporkan buyer tersebut dan uang transaksi akan masuk ke kantong provider.

Kekurangan

Pencairan Uang Yang Tidak Instant
Tidakseperti situs scriptlance yang dapat mencairkan dana kapan saja, situs ini menawarkan pencairan dana setiap 2 bulan sekali dalam 1 bulan, pada pertengahan bulan dan akhir bulan. Sehingga kita tidak dapat menikmatin langsung hasil dari transaksi kita.
Pemotongan Biaya Yang Besar
Setiap transaksi yang dilakukan pada situs ini akan melakukan pemotongan sebesar 15% dari harga project dan selain itu untuk pencairan akan dikenakan biaya sebesar n $ tergantung dari layanan yang digunakan.
Expert Guarantee
Ini adalah layanan yang disediakan oleh rentacoder, layanan ini akan menyebabkan kita membayar sebesar n% project ketika project disetujuin. Fungsi ini dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan kepada buyer bahwa kita dapat menyelesaikan project. Bila project tidak selesai uang yang telah kita masukkan akan otomatis menghilang. Di Indonesia lebih dikenal dengan bank garansi.
Navigasi Yang Sulit
Dari semua situs yang pernah dikunjungin situs ini memiliki tingkat kesulitan navigasi yang parah, bila belum terbiasa dengan panel-panel yang ada kita akan kesulitan untuk memahamin situs ini. Ada baiknya sebelum melakukan transaksi untuk dapat mengunjugin halaman pertolongan yang telah disediakan.

Elance

Elance Image
Elance Image
Elance situs yang beralamatkan pada http://elance.com adalah salah satu situs favorit para freelancer, situs ini merupakan situs freelancer profesional.  Selain tampilannya yang enak dilihat situs ini juga memberikan pembagian kategori kerja secara specific.
Situs ini merupakah sebuah situs berbayar dimana untuk mengikutin sebuah project kita harus menyerahkan connect yang telah kita beli pada situs ini.

Kelebihan

Halaman bantuan
Elance memberikan sebuah halaman bantuan yang lengkap, baik itu yang berbentuk video ataupun textbase. Dengan kemampuan search text bantuan akan memudahkan kita mencari bantuan yang diharapkan.
Pencarian Project
Elance memberikan sebuah halaman pencarian project menggunakan ajax, dengan memberikan parameter-parameter lengkap kita dapat menemukan project yang cocok dengan kita. Selain itu terdapat project berdasarkan  kategori.
Pembatasan Project Untuk Setiap Provider
Setiap provider akan mendapatkan maksimal 60 connect sehingga setiap provider hanya akan dibatasin mengirimkan 60 proposal dalam setiap bulan. Karena hal tersebut persaingan antar provider bisa lebih dibatasin. Sehingga kesempatan untuk memenangkan project lebih besar.

Kekurangan

Merupakah Situs Berbayar
Situs ini merupakan situs freelancer berbayar, dan memiliki membership plan yang beraneka ragam. Semakin mahal membership akan memberikan keuntungan berlebih. Walaupun situs ini berbayar kita dapat mencoba menggunakan layanan situs ini secara free dengan menggunakan 3 connect  gratis setiap bulannya.
Pemotongan Nilai Project
Walaupun kita telah melakukan pembayaran membership kita tetap dikenakan biaya project sebesar 4%-6% tergantung plan membership yang telah kita lakukan pada situs ini.

oDesk

ODesk Image
ODesk Image
Situs ini adalah salah satu situs freelance online, dimana kita akan bertemu secara langsung dengan para buyer melalui sebuah aplikasi khusus. Aplikasi ini akan merekam semua kegiatan kita ketika sedang mengerjakan sebuah project dari buyer dan buyer dapat mengawasi secara langsung komputer yang kita gunakan melalui capture yang didapat.
Situs ini sangat cocok bagi orang yang ingin mendapatkan penghasilan yang dihitung secara perjam. Situs ini akan melakukan pemotongan sebesar 10% kepada provider yang mendapatkan sebuah project, baik itu project hour base ataupun project time base.
Sebelum dapat menjadi provider kita harus terlebih dahulu mengikutin sebuah test tentang bagaimana cara kerja situs oDesk ini. Sehingga setiap orang akan sedikit memahami bagaimana cara kerja situs ini.
Saat ini penulis belum dapat memberikan kekurangan pada situs ini. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa dilihat oleh penulis pada situs ini:
  • Free Test buat semua bidang dari expertrating
  • Halaman Bantuan yang mudah diakses
  • Pengubahan data provider yang bersahabat
  • Free registrasi
  • Navigasi yang bersahabat
  • Pencarian project yang mudah dan bersahabat
Situs ini dapat diakses melalui http://odesk.com

0 comments:

Post a Comment