Djsandroe Corp || Freedom Inspiration: Jurus Jitu Menjadi Mahasiswa Yang Kompetitif dan Dinamis

Monday, September 27, 2010

Jurus Jitu Menjadi Mahasiswa Yang Kompetitif dan Dinamis

Hallo, Akhirnya sekian lama gak utak utik blog selama sebulan, akhirnya aku ingin berbagi lagi, mumpung lagi ada yang yang kosong dan senggang. Sebelumnya saya pernah di request oleh saudara keponakan saya dari Tangerang, dia mahasiswa baru, dan kebetulan jurusan progdinya sama dengan saya, yakni Teknik Informatika. Setelah saya selelai ngobrol dan SMS dengan keponakan saya, ternyata dia Kurang Tau banyak tentang seluk beluk Kuliah, dan belum ada motivasi yang bermakna untuk dia. Untuk itu saya memberikan sedikit gambaran dan motivasi khususnya untuk Mahasiswa Baru yang baru masuk kuliah. Cekidot.



1. Kampus Bukan seperti SD, SMP, SMA - Perlu diketahui bahwa kuliah itu freedom (bebas) , tapi jangan salah, kata freedom bukan berarti gak ada yang ngatur2 kita, namun perlu digaris bawahi bahwa Kuliah itu tergantung dari individu dan Dosen tidak akan pernah Memarahi kita, namun dengan Kesadaran Diri, kita bisa memenejemen diri kita sendiri. Dan yang pasti, BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB.

2. Info : ilmu kuliah 20 % dan 80% Pengembangan diri - Bingung dengan prosentasi tadi,prosentasi tadi menunjukkan bahwa ilmu dari kampus yang kita dapatkan dari kuliah yang digunakan dalam dunia kerja dan kehidupan masyarakat  hanya 20%, Why.? Masih ada ilmu pengembangan diri, ilmu ini sering disebut dengan Softskill (coba Search di mbah Google) ilmu Softskill atau pengembangan diri inilah yang lebih penting dibandingkan dengan ilmu kita, ilmu kuliah bagi saya sendiri adalah untuk menambah nilai dan bisa mendongkrak IPK, dan IPK tersebut memang dipertimbangkan oleh Perusahaan. Jadi meskipun ilmu kuliah hanya 20%, jangan meremehkan, jadi tetep jalani semaksimal mungkin. 80% pengembangan diri, kamu harus dapatkan dari ilmu2 berorganisasi seperti mengikuti kegiatan, minimal bisa menjadi panitia dll..

3. Ikut Kegiatan Organisasi dan UKM - Kenapa kita harus ikut2an kegiatan yang beginian? Dari kegiatan keorganisasian inilah jiwa leadership dan jiwa2 sosial akan muncul seiring dengan bertambahnya waktu.. Dan Outputnya kamu tak terasa kamu sudah bisa memenejemen diri sendiri dan orang lain, nah ilmu inilah yang menjadi bekal kamu untuk menjadi seorang yang sukses.

4. Berfikir Positif , Disiplin, Dan rajin - Mengapa saya selalu menekankan berfikir positif, banyak orang yang tidak bisa mengimplementasikan sebuah  pikiran positif, cara untuk menanggulanginya yakni dengan menuliskan kata - kata positif di sebuah kertas dan kkemudian tempelkan pada Dinding atau tempat - tempat yang kamu sering lewati.. Next yaitu Disiplin, disiplin perlu untuk menumbuhkan rasa Taat dan dapat mengendalikan diri, musuh terbesar manusia yaitu hawa nafsu dalam diri sendiri. Untuk rajin dan sabar, memang sangat diperlukan, karena kuliah kadang tidak ada dosen, kadang ada proyek yang banyak, PR yang menumpuk jadi jangan dianggap beban, jadikan sebuah tantangan untuk menghadapi, kalau kamu sendiri takut menghadapilah, ya mending kamu gak usah hidup aja, hidup itu tantangan bos..


5. Perbanyak Relasi dan Teman di luar dan di dalam kampus - Memperbanyak relasi sangat penting, selain bisa untuk tukar pengalaman, kita juga bisa mencari informasi. Jangan Berpuas diri jika kamu sudah unggul di kampusmu, tapi cari informasi dari kampus2 lain agar kamu tidak merasa orang yang terpintar, jadi lihatlah dunia luar disana. Pintar dikampus itu tak cukup, cari info di luar kampus itu malah lebih beragam dan Kompetitif..

6. Mulailah Berbisnis Mandiri Mulai dari sekarang - Entah cepat atau lambat umur kita akan menjadi tua, jangan menunggu bekerja terlebih dahulu baru mendirikan suatu usaha, tapi bangunlah usaha kecil2an yang minimal bisa membiayai diri sendiri, lebih bagus lagi jika membangun bisnis sesuai dengan jurusan kita..


7. Cari Teman yang Sama Visi dan Misi dengan Anda - Cari teman emang gampang, tapi jangan salah, ada udang dibalik batu, biasanya teman yang seperti ini perbandingannya hanya 50 : 1 , kenapa..? Biasanya teman yang tiiit (anggap saja teman yang Susah diatur), hanya mementingkan kepentingan pribadinya, yang pasti dia tidak pernah konsen pada kuliahnya, dan kuliahhanya menjadi status saja, jadi carilah teman yang betul2 kompetitif dan dinamis..

8. Lebih dekat dengan Dosen dan Staf TU kampus - Bagi teman - teman yang kurang pintar dan merasa dirinya tidak mampu untuk menghadapi kuliah, jangan berputus aja. Langkah ini mungkin illegal, tapi cukup membantu, dekati dosen - dosen yang kiranya killer (mematikan) karena dengan mendekatinya berarti kita sudah bisa mendapatkan hatinya , ingat Dosen dan Staf TU juga manusia , mereka juga punya Hati dan rasa. Jadi Mulailah mencari perhatian dengan prestasi, entah itu prestasi dalam kerja ataupun kegiatan extrakulikuler lainnya..

Ingat, mulai sekarang gunakan pola berfikir secara logika dan berfikir seefisien mungkin,
tanamkan 5W (What, Why, Where, When, Who) dan 1H ( How)  (ato cari di mbah google)..


Demikianlah Sedikit saran - saran dari saya untuk  adik - adik Mahasiswa Baru, semoga bisa bermanfaat dan meenambah inspirasi, kunjungi terus blog saya http://djsandroecorp.blogspot.com dan FB: Djsandroe Corp.

Kritik dan saran Ditunggu..

4 comments:

ayoga08 said...

Ndro,fotomu kok apik ngunu.hahaha

djsandroecorp said...

hahahaha.... Fotografer'e koncoku..

ham hams said...

G meyakinkan fotoe. .eman artikel e,padahal berbobot. .haha

djsandroe said...

@ham hams : Makasih Dah Sudi meluangkan komentarnya... heheh.3x!

Post a Comment